Aishady’s Blog

Tips Hadapi Polisi Nakal

Posted on: May 21, 2009

polisiBelakangan ini marak akan adanya razia yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia untuk menekan angka kriminalitas dan tindakan kejahatan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Memang hal seperti ini bisa kita acungi jempol karna bisa memberikan rasa aman bagi warga negara dan memberikan efek jera bagi yang melanggarnya.

Namun ada beberapa oknum kepolisian yang sengaja melakukan razia (seperti razia narkoba yang terdapat di jalan raya atau hotel dan penginapan), biasanya para oknum ini memeriksa kendaraan kita sebenarnya mereka sudah mempersiapkan dan ‘sambil’ menaruh barang bukti di kendaraan atau di ruangan yang sedang kita pakai.

Menurut Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Sisno Adiwinoto meminta masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan adanya oknum nakal polisi yang menjebak warga dengan menaruh narkoba di kendaraan dengan tujuan pemerasan.

Menurut jenderal polisi bintang dua yang akan menjabat Kapolda Sulsel ini, warga korban pemerasan oknum polisi harus berani melapor ke unit/bidang/ divisi profesi dan pengamanan (propam) terdekat atau polda setempat, agar oknum nakal itu segera diproses, baik secara pidana maupun pelanggaran etika. “Anda harus berani mengatakan bahwa barang terlarang itu bukan milik Anda dan jangan mau jika diminta untuk memegang atau menyentuhnya,” katanya.

Untuk memasukkan barang haram itu kedalam Mobil atau kamar hotel, biasanya oknum tersebut bekerjasama dengan petugas hotel atau juru parkir ( valet Service ). Saat Ada penggerebekan oleh polisi , biasanya barang jenis narkoba itu sudah ada didalam Mobil, dikamar atau dimasukkan kedalam tas calon Sasaran Pemerasan.” Kalau anda digerebek polisi dengan tujuan akan diperas, Tanyakan Surat perintahnya Dan laporkan , katanya. Sisno menegaskan ,
pihaknya kini Sedang gencar mengadakan pembersihan terhadap polisi nakal,
polisi adalah Milik rakyat, sehingga andapun wajib membersihkannya dari segala yang mengotorinya, katanya.

Tips Menghadapi polisi pemeras :

1. Katakan barang narkoba itu bukan milik anda.
2. Jangan sekali-kali mau disuruh memegang atau menyentuh barang, yang berdekatan atau tempat narkoba itu berada, seperti tas atau koper.
3. Tanyakan surat perintah penggerebekan dari petugas tersebut? Dan Tanyakan identitas lengkap petugas tersebut, Kartu identitas Dan pangkatnya.
4. Minta agar barang tidak disentuh untuk kemudian minta dibuktikan melalui Cek sidik jari, yakni sidik jari siapa yang melekat pada barang tersebut.
5. Turuti jika diancam akan dibawa kekantor polisi.
6. Jangan berikan uang sedikitpun.
7. Laporkan ke petugas Propam agar kasusnya cepat terungkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 3,197 hits

GEMBUL ONLINE SHOP

Under Maintenance.
May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d bloggers like this: