Aishady’s Blog

Perawatan Power Steering

Posted on: June 7, 2009

Kendaraan bermotor seperti mobil, terkadang banyak pemakainya yang kurang memperhatikan berbagai komponen yang menjadi vitalitas di kendaraannya. Seperti Power Steering, mereka hanya mengerti memakai dan tidak paham ketika dalam perawatan. Sesungguhnya merawat lebih mudah daripada mengganti yang membutuhkan ongkos lebih mahal.

Power Steering adalah bagian mobil yang akan membantu mempermudah pengemudi memutar roda kemudi. Ada 2 jenis power steering yaitu Sistem Fluida dan Sistem Elektrik.

sistem fluida

Sistem Fluida menggunakan minyak power steering untuk menggerakkan steering box. Sedangkan pada Sistem Elektrik menggunakan motor untuk menggerakkan steering box. Yang saya ketahui Sistem Elektrik sudah digunakan pada mobil lokal yaitu Suzuki Karimun. Keunggulannya pada sistem elektrik adalah praktis, tidak perlu perawatan rutin dan bagus untuk jangka panjang.

sistem elektrik

Berikut perawatan untuk sistem fluida :

1. Ganti minyak 30.000 km/ 1 tahun. Penggantian / penambahan harus sesuai dengan buku manual produsen mobil.

2. Periksa kondisi minyak secara berkala. Pada umumnya minyak power steering yang kondisinya bagus berwarna merah. Oleh karena itu, jika Anda mendapati warna minyak power steering berubah menjadi hitam, itu tandanya minyak power steering sudah jelek dan harus diganti. Agar penggantian minyak power steering tepat, sebaiknya Anda melakukannya di bengkel dengan teknisi yang terlatih.

3. Perhatikan volume minyak power steering. Jika kondisinya tidak menyentuh permukaan minyak, berarti kapasitas minyak power steering sudah di bawah minus. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda tidak menggunakan perangkat yang satu ini, dikhawatirkan dapat merusak seal dan komponen lain. Jika itu terjadi, dapat dipastikan biaya perbaikan sangatlah mahal. Untuk mecegah hal tersebut, membawa mobil ke bengkel untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran.

4. Pada saat service rutin, mintalah mekanik untuk mengecek kondisi drive belt (belt penggerak pompa power steering yang berasal dari mesin). Sebab jika belt ini putus, Anda tetap dapat mengemudikan mobil, tetapi membutuhkan tenaga ekstra karena power steering tidak bekerja.

5. Pada saat parkir hidari memutar kemudi sampai mentok. “Banting habis” steer mentok ke kiri maupun ke kanan. Karna dapat merusak seal dan beberapa komponen lain yang dapat berakibat power steering bocor. Jadi, hati-hati memutar kemudi power steering. Selain saat memarkir mobil, kebiasaan membanting habis putaran kemudi ini umumnya terjadi juga di saat melewati tikungan tajam dan U turn.

About these ads

1 Response to "Perawatan Power Steering"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 2,884 hits

GEMBUL ONLINE SHOP

Under Maintenance.
June 2009
M T W T F S S
« May   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: